Saturday, October 5, 2013

Fatimah PIS

Sumber  Sejarah Kerajaan Kediri
1.      Adanya Prasasti Malenga, prasasti ini berisi peringatan pemberian anugrah raja Garasakan kepada penduduk desa Malenga atas jasanya dalam membantu raja  dalam peperangan melawan Linggajaya.
2.      Adanya Prasasti Padlegan dan prasasti Panumbangan 1 yang berangka tahun 1642 Saka atau 1120 M yang dikeluarkan pada masa raja Bareswara.
3.      Adanya prasasti  Hantang yang bertulis angka( 1057 Saka atau 1135 M) yang dikeluarkan oleh raja Jayabaya

2.Kehidupan Politik dan Pemerintahan
Kerajaan Kediri pertama kali dipimpin oleh raja Bameswara. Masa pemerintahannya mulai dari 1117 sampai  1130. Selanjutnya pemerintahan Bameswara diganti oleh Jayabaya (1135-1156), raja Jayabaya terkenal dengan ramalannya yaitu Jangka jayabaya. Selanjutnya raja yamg memerintah itu adalah Sarvecvara, Aryyaecvara,Kracaradipagandra, Kamecwara,dan raja Kertajaya. Raja Kertajaya memerintah pada tahun 1194-1222.

3.Kehidupamn Sosial – Budaya dan Ekonomi
            Didasarkan pada sumber Kronik China, telah ditemukan informasi singkat tentang kehidupan social masyarakat Kediri. Masyarakat Kediri pada umumnya telah memiliki rumah sebagai tempat tinggal dengan kondisi yang baik.kehidupan hukum juga sudah diterapkan. Hokum yang diterapkan itu ada 2 macam hukuman, yakni hukuman denda dan hukuman mati, yaitu dikenakan bagi pencuri dan perampok.
Dibawah ini berbagai karya sastra kerajaan Kediri :
1.      Kitab Bharatayuda oleh Mpu Sedah dan Panuluh
2.      Kitab  Hariwangsa dan Gatotkacasrayakarangan oleh Mu Panuluh
3.      Kitab Gatotkacasraya oleh Mpu Panuluh
4.      Kitab Kresnayana oleh Mpu Triguna
5.      Kitab Sumanasantaka oleh Mpu Monaguna
6.      Cerita Panji
Perekonomian bersumber pada pertanian, peternsksn dan perdagangan. Karna letak Kediri di tepi sungai Brantas. Hasil utama pertanian nya itu adalah  beras. Sedangkan di sektor perdagangan masyarakatnya itu menawarkan emas, Perak, dan hasil bumi.

Daftar pustaka :
MGMP Sejarah Provinsi Riau. 2010. Sejarah untuk kelas XI IPS SMA/MA. Pekanbaru :Penerbit Amara


EmoticonEmoticon