Thursday, October 3, 2013

SISKA MAULANA
 Benito Amilcare Andrea Mussolini, yang dikenal dengan sebutan Benito Mussolini lahir pada 29 juni 1883 di predappio, forli. Benito Mussolini adalah orang yang mengenalkan fasis di Italia. Pandangan politik yang dimiliki Mussolini sangat di pengaruhi oleh ayahnya. Karna, ayahnya adalah seorang sosialis revolusioner.
Berkat didikan ayahnya, Benito Mussolini menjelma menjadi anak yang menentang. Selain itu, pemikirannya banyak di pengaruhi oleh Marxist Charles Peguy dan Hubert Lagardelle. Hal itu membuat Benito Mussolini tertarik terhadap gerakan-gerakan kaum sosialis.
Ketika perang dunia 1 meletus pada tahun 1914, sejumlah partai sosialis di italia mendukung perang tersebut. Peristiwa tersebut di pandang sebagai peluang bagi Benito Mussolini dan kaum sosialis di italia untuk membebaskan diri dari kekuasaan Habsburg.
Pada tahun 1919 Benito Mussolini membuat perubahan yang sangat radikal. Ia membuat fasisme menjadi sebuah gerakan politik. Benito Mussolini membentuk tentara yang beranggotakan para veteran perang, yang di beri nama Squadristi. Squadristi berkenbang sangat cepat dalam 2 tahun mereka telah berubah nama menjadi Partai Fasis Nasional dalam sebuah kongres yang diadakan di Roma.
Kedudukan Benito Mussolini dalam pemerintahan dan politik didukung oleh Raja Victor Emmanuel III dan juga mendapat dukungan dari pihak militer, kelas bisnis dan kaum liberal "sayap kanan". Sehingga membuat kedudukannya sangat kuat dalam segala aspek pemerintahan. Selama memerintah, Mussolini menerapkan diktatorisme dan system pengawasan yang sangat ketat.
Daftar pustaka :
Bahari,Hamid. 2012 . Para Diktator Terheboh dunia yang berhasil digulingkan. Jogjakarta: flashbooks.
Kurnia,Drs. Anwar dan suryana,Drs. H. moh. 2007. Kronik Sejarah. Jakartan: yudhistira.


EmoticonEmoticon