Monday, October 7, 2013

RAHMAT ARIFAN/PIS

Tepat pada tanggal 19 desember 1948 tentara belanda melakukan agresi militer II dengan tujuan serangan utamanya adalah ibu kota yogyakarta,serangan yang dilakukan oleh tentara belanda pada waktu pagi tersebut yaitu dengan mengebom bangunan radio republik indonesia ( RRI ) tujuan di bomnya bangunan RRI adalah untuk melumpuhkan komunikasi bangsa indonesia dengan dunia luar.
Sebelum tentara Belanda memasuki istana kepresidenan di yogyakarta, Presiden Soekarno memberi perintah kepada Menteri Kemakmuran Syafruddin Prawiranegara (yang kebetulan berada di Sumatera) untuk membentuk pemerintahan darurat, jika pemerintah RI Yogyakarta tidak dapat berfungsi lagi. Sesuai dengan perintah tersebut, Syafruddin Prawiranegara membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia. PDRI berkedudukan di Bukittinggi, Sumatera Barat.dan jika pemerintahan darurat tidak bisa dilksanakan karena sebab lainya presiden soekarno memerintahkan kepada Mr.maramis,dr sudarsono,L.N.palar yang sedang berada di new dheli ( india ) untuk membentuk pemerintahan pelarian ( exile government ).
Sementara itu pihak belanda menyiarkan berita kepada seluruh dunia bahwa republik indonesia sudah tidak ada lagi yang ada hanya pemerintahan belanda di indonesia.
SUSUNAN PEMERINTAHAN PDRI DI BUKITTINGGI
Ketua (perdana menteri) merangkap menteri pertahanan dan penerangan:
Syafruddin Prawiranegara.
Menteri luar negeri:
A. A. Maramis
Menteri pendidikan dan kebudayaan merangkap menteri dalam negeri dan agama:
Teuku Moh. Hasan.
Menteri keuangan merangkap menteri kehakiman:
Lukman Hakim.
Menteri sosial dan perburuhan, pembangunan, organisasi pemuda dan keamanan:
Sutan Rasyid.
Menteri pekerjaan umum merangkap menteri kesehatan:
Ir. Sitompul.
Menteri perhubungan merangkap menteri kemakmuran:
Ir. Inderacaya.
PERJUANGAN PDRI
Dalam perjuangannya untuk mempertahankan kemerdekaan republik indonesia,pemerintahan darutat republik indonesia di bukittinggi mempunyai alat pemancar radio YBJ-6 yang berfungsi untuk tetap menjalin komunikasi dengan pejuang-pejuang yang ada di pulau jawa maupun yang ada di luar negeri ( new dheli,india ) pemancar YBJ-6 dapat menjalin langsung hubungan dengan pemancar yang VWX-2 yang ada di india.
Sementara itu diplomat indonesia Dr H.M rasyidi yang berkedudukan di kairo ( mesir ) berhasil menarik simpati negara-negara arab seperti mesir,irak,arab saudi,suriah,yang ikut memberi dukungan terhadap perjuangan republik indonesia. sementara itu dalam upaya menarik perhatian pemerintahan amerika serikat agar mau mengakui kedaulatan republik indonesia,sumitro djojohadikusumo,sudarpo sastrasatomo, dan sujatmoko dengan aktif melakukan pers amerika serikat mewartakan berita berita-berita aktual yang sebenarnya terjadi di indonesia.
sri sultan hamengku buwono IX selalu menolak penawaran yang diberikan oleh pemerintahan dengan membujuknya akan di beri kedudukan yang lebih tinggi.sri sultan hameng buwono malah mengirim surat kepada panglima besar soedirman agar menyiap-nyiapkan serangan umum ke kota yogyakarta. Dan sebagai pelaksanaannya di tugaskan kepada letkol soeharto. Serangan tersebut berhasi menduduki kota yogyakarta selama enam jam,serangan tersebut dikenal sebagai serangan umum 1 maret 1949.

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga


EmoticonEmoticon