Wednesday, October 9, 2013

CYNDI DWI RAHMADANI / PIS

Konfrontasi India dengan Belanda mengenai Irian Barat mendapat perhatian dunia. Badan PBB mulai menunjukkan perhatiannya dengan mengutus Ellsworth Bunker (seorang diplomat Amerika Serikat) untuk menengahi perselisihan antara Indonesia dengan Belanda. Bunker mengajukan rencana penyelesaian Irian Barat yang terkenal dengan nama Rencana Bunker (Bunkers Plan). Yang isinya :
1.      Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia melalui UNTEA.
2.      Rakyat Irian Barat harus diberi kesempatan untuk menentukan pendapat, apakah ingin memisahkan diri / tetap bersatu dengan RI.
3.      Pelaksanaan penyelesaian Irian Barat selesai dalam jangka waktu 2 tahun.
4.      Untuk menghindari bentrokan fisik diantara pihak yang bersengketa diadakan masa peralihan di bawah pengawasan PBB selama 1 tahun.
Pemerintah RI menyetujui usul tersebut, namun Belanda menolaknya. Amerika Serikat yang semula mendukung posisi Belanda berbalik menekan Belanda agar mau berunding dengan Indonesia. Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1962, Belanda bersedia berunding dengan Indonesia. Dengan beberapa perjanjian yang disebut dengan perjanjian New York :
1.      Penghentian permusuhan
2.      Setelah persetujuan disahkan, paling lambat 1 Oktober 1962 UNTEA menerima Irian Barat dari Belanda. Sejak saat itu, Bendera belanda diturunkan dan diganti dengan bendera PBB.
3.      Pasukan Indonesia tetap tinggal di Irian Barat yang berstatus di bawah UNTEA.
4.      Angkatan perang Belanda dan pegawai sipilnya berangsur- angsur di pulangkan dan harus selesai paling lambat 11 Mei 1963.
5.      Bendera Indonesia mulai berkibar 31 Desember 1962 di samping bendera PBB.
6.      Pemerintah RI menerima pemerintahn di Irian Barat pada tanggal 1 Mei 1963.
7.      Pada tahun 1969 di adakan penentuan pendapat rakyat (PEPERA).
Sejak tanggal 1 Mei 1963 PBB pemerintah rakyat republik Indonesia secara resmi menerima penyerahan dari pihak Belanda. Sesuai dengan keputusan dalam perjanjian New York, mulai tanggal 1 Oktober 1962, kekuasaan Belanda atas Irian Barat berakhir.

DAFTAR PUSTAKA :
IPS Sejarah untuk SMP/MTs Semester 2 kelas IX, oleh MATRA. Penerbit MEDIA PRESSINDO


EmoticonEmoticon