Saturday, October 5, 2013

RAHMAT ARIFAN/PIS

Setelah dijajah oleh bangsa belanda selama 350 tahun ditambah oleh bangsa jepang selama 3,5 tahun momentum kemerdekaan republik indonesia mulai di dapat setelah di bom atomnya kota hirosima dan nagasaki pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945 oleh sekutu ( amerika serikat ). Dengan hancurnya kedua kota tersebut membuat jepang tidak berdaya lagi menghadapi serangan dari pihak sekutu ( amerika serikat ) dan pada tanggal 14 agustus 1945 pihak jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu ( amerika serikat ).
 akan Tetapi berita kekalahan tersebut seperti ditutupi pihak jepang terhadap indonesia akan tetapi . Sutan Sjahrir, Wikana, Darwis, dan Chaerul Saleh mendengar kabar ini melalui radio BBC. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun golongan tua tidak ingin terburu-buru. Mereka tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah pada saat proklamasi. Konsultasi pun dilakukan dalam bentuk rapat PPKI.
Dan untuk menghindari pengaruh dari jepang maka soekarno dan moh hatta di bawah kedaerah rengasdengklok oleh golongan di pilihnya daerah rengasdengklok karena daerah tersebut jauh dari jalan raya di sana golongan mudah menempati sebuah rumah masyarakat setempat yang katurunan tiong hoa di rumah tersebut golongan mudah kembali mendesak ir soekarno dan moh hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia akhirnya ir soekarno dan moh hatta bersedia memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia.
Penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah laksamana tadashi maeda di pilihnya rumah laksamana tadashi maeda karena ia bersedia menjamin keselamatan para pemimpin bangsa indonesia dan berjanji tidak akan ikut campur dalam masalah perumusan teks proklamasi indonesia. teks proklamasi berhasil diselesaikan menjelang subuh yang di tulis tangan oleh ir soekarno dan diketik oleh sayuti melik yang di tanda tangani oleh ir soekarno dan moh hatta atas nama bangsa indonesia.
Pembacaan proklamasi kemerdekaan indonesia yang pada rencana awalnya akan dibacakan di lapangan ikada ( ikatan atletit jakarta ) terpaksa di batalkan karena disana telah berbaris tentara jepang dengan senjata lengkap maka untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan maka pembacaan di alihkan di depan rumah kediaman ir soekarno pembacaan teks proklamasi dilaksanakan sekitar pukul 10.00 wib dan lanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang kibarkan oleh suhut dan latif

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga





EmoticonEmoticon